Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Diterima PNS

Dalam dunia pekerjaan karena adanya berbagai kendala seperti misalnya tuntutan pekerjaan yang berat, gaji yang ditawarkan tidak sesuai harapan, mempunyai riwayat penyakit atau sedang sakit, menikah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal ini terkadang membuat seseorang ingin keluar dari sebuah perusahaan karena adanya alasan-alasan di atas tadi. Namun untuk dapat keluar dari sebuah perusahaan itu memang tidak semudah yang kita bayangkan.

Ada beberapa perusahaan yang terkadang sengaja mengulur-ulur atau mempersulit proses pengunduran diri karyawannya, apalagi terkait dengan uang pensiun yang nantinya mereka terima.

Namun, jika memang seseorang merasa lingkungan kerja sudah tidak mendukung lagi, mereka tentu berhak memutuskan untuk mengundurkan diri dari tempatnya bekerja. 
Untuk keluar dari sebuah perusahaan atau tempat bekerja tetaplah seseorang itu harus membuat sebuah surat. Surat ini adalah surat pengunduran diri yang mana merupakan surat yang biasanya dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya akan berhenti bekerja dari tempat kerja. Baik itu bekerja di kantor Pemerintahan maupun di perusahaan swasta.

Kemudian, surat resign atau surat pengunduran diri ini biasanya ditujukan kepada seseorang kepada atasan dengan cara terhormat. Dengan membuat surat resign atau surat pengunduran diri, diharapkan tidak akan ada masalah antara karyawan yang berhenti bekerja tersebut dengan pihak perusahaan dia bekerja.

Lalu, apabila seseorang sudah mengajukan surat resign kepada perusahaan atau tempatnya bekerja, maka perusahaan dapat segera mengganti karyawan yang akan keluar tersebut. Jadi, apabila ada yang ingin keluar dari tempat bekerja wajib membuat surat resign dan hal ini sangat penting.

Sebelum membuat surat resign, ada baiknya kita perlu tahu bahwa jenis dan contoh surat pengunduran diri kerja ini bermacam-macam. Mulai dari contoh surat pengunduran diri kerja karena diterima PNS, menikah, karena sakit dan masih banyak lagi.

Demikian juga dengan bentuknya yang beragam, mulai dari surat resign yang bersifat formal sampai dengan semi formal. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri kerja karena diterima PNS.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Diterima PNS

Jakabaring, 8 September 2033

Kepada Yth :

Bapak Hendrawan
Direktur Utama
PT NUSA PERSADA
Jl. Kapitan No. 123 Palembang

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya Ahmad Malik dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di Departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Bapak pimpin efektif tertanggal 15 September 2033. Dengan alasan diterima sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan semoga juga PT. NUSA PERSADA semakin maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,



Ahmad Malik