Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Kata Sambutan Acara Kunjungan Kerja

Kata sambutan dipakai untuk mengawali dan juga memulai sebuah acara atau kegiatan yang bersifat penting. Kemudian, arti sambutan sendiri adalah sebuah kata atau kalimat yang seseorang sampaikan di awal suatu acara, sebelum nantinya masuk ke dalam acara inti. 

Pada umumnya kata sambutan bisa menjadi salah satu jenis pidato yang dapat disampaikan baik secara lisan atau dalam bentuk tulisan. Setiap orang sejatinya harus mempunyai kemampuan yang baik didalam menyampaikan kata sambutan di depan orang banyak.

Adapun tujuan dari adanya penyampaian kata sambutan pada suatu acara adalah seperti berikut; Pertama yaitu guna memberikan pengaruh positif kepada orang lain perihal acara yang akan dilaksanakan.
Kedua memberikan suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain. Ketiga adalah bertujuan untuk membuat orang lain merasa senang dengan sambutan yang menghibur, sehingga sambutan yang disampaikan tidak terasa membosankan.

Kata sambutan sendiri sejatinya memang ditujukan pada berbagai acara. Salah satunya adalah acara kunjungan kerja atau dalam hal ini yaitu kunjungan industri.

Apa itu kunjungan industri? Ini merupakan suatu bentuk pembelajaran yang dilaksanakan diluar sekolah guna menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik dalam mengenal dunia industri dan untuk memberikan pengalaman sebagai langkah awal sebelum pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Lalu, dalam setiap kunjungan kerja ini akan didampingi oleh para guru yang sekaligus memberikan arahan dan gambaran secara umum tentang industri kepada siswanya.

Oleh karena itu, apabila suatu saat kita mungkin mengikuti sebuah kunjungan industri dan diminta memberikan kata sambutan. Mau tidak mau kita harus siap mewakili rombongan dalam kunjungan industri tersebut.

Nantinya dalam kata sambutan mewakili maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut. Berikut ini adalah contoh kata sambutan acara kunjungan kerja atau kunjungan industri.

Contoh Kata Sambutan Acara Kunjungan Kerja

Bismillahirrohman nirohim..

Assalamu’alaikum wr.wb

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.. 

Yang terhormat Kepala SMK Negeri 1 Maju Tak Gentar (atau yang mewakili)

Yang terhormat Direktur PT. ABC (atau yang mewakili) dan Seluruh jajaranya

Yang terhormat Bapak/ Ibu Pendamping Kunjungan Industri

Dan anak-anaku dari jurusan Teknik Perbaikan Pesawat Terbang yang saya banggakan..

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul diruangan ini dalam keadaan sehat tak kurang satu apapun.

Bapak/Ibu Direktur yang saya hormati, sebelum saya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kami, ijinkanlah saya memohonkan maaf atas tidak bisa hadirnya kepala sekolah kami ditengah-tengah acara ini karena ada kepentingan lain sehingga beliau melimpahkan tugas ini kepada kami dan rombongan.

Perkenankan kami mengenalkan rombongan kami.., Kami dari SMKN 1 Maju Tak Gentar, Kab. Tanah Subur, Prop. Pulau Makmur terdiri dari:

Guru Pendamping sebanyak : 10 Orang

Siswa kelas 10 Jurusan Teknik Perbaikan Pesawat Terbang sebanyak : 60 siswa

Mulai dari sebelah kanan yaitu : Bpk. Ir. M. Jaman H selaku wakil kepala sekolah bidang Humas sekaligus ketua rombongan ini.

Yang berikutnya Bapak/ Ibu …… selaku pendamping, dan berikutnya Bpk/Ibu ……

Kami se-rombongan mengucapkan terima kasih atas sambutan yg luar biasa ini,

Adapun maksud dan tujuan kami melakukan kunjungan ini antara lain : 
Silaturahmi
Melaksanakan program sekolah (program tahunan) untuk SMK kami

Memberikan gambaran yang Riil terhadap Dunia usaha/ Dunia Industri terkait dengan Materi/ Pelajaran yang selama ini dan yang akan dipelajari oleh siswa selama 3 tahun mendatang.

Meningkatkan pengetahuan terhadap kami sebagai guru sebagai bekal dalam melakukan kegiatan Pembelajaran di sekolah

Menjalin kerja sama dalam hal magang, baik untuk Guru maupun untuk siswa dalam hal Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Demikian sambutan dari kami, jika ada kata, perbuatan maupun tingkah laku kami baik dari Guru maupun Siswa yang kurang berkenan kami mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Dan sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan yang luar biasa ini dan semoga ini adalah awal yang baik untuk kami sehingga PT. ABC tidak keberatan untuk menerima kami waktu yang akan datang


Saya Akhiri…

Wassalamu’alaikum wr.wb