Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Format Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan

Dalam dunia surat menyurat ada banyak sekali jenisnya, diantaranya surat undangan, surat lamaran kerja, surat peringatan kerja dan masih banyak lagi jenis surat lainnya. Termasuk salah satunya adalah jenis surat berikut ini yang mungkin terdengar asing bagi orang awam. 

Nama jenis surat tersebut adalah surat keputusan, lalu apa yang dimaksud dengan surat keputusan? Berdasarkan Kamus Hukum Indonesia surat keputusan adalah penetapan tertulis yang dikeluarkan oleh Badan, Pejabat Negara atau Pemerintah yang berisi sebuah penetapan tertulis berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian, sebuah surat keputusan ini sifatnya adalah konkrit atau nyata dan berlaku bagi individual. Selain itu, surat keputusan ini juga bersifat final yang berarti keputusan itu dapat ditentukan wujudnya, tidak ditujukan untuk umum, dan sudah pasti atau secara definitif. 

Sehingga surat keputusan mempunyai peran yang penting dalam menetapkan atau memutuskan suatu hal. Lalu, isi dari surat keputusan adalah sebuah tulisan yang berkaitan dengan sebuah putusan/ketetapan; atau segala putusan/ketetapan yang telah ditetapkan.
Manfaat Surat Keputusan

Biasanya surat keputusan ini dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, seperti contohnya yaitu pengangkatan karyawan tetap, memutuskan sanksi atau hukuman hingga aspek formalitas lainnya.

Adapun manfaat dari surat keputusan tersebut diantaranya; Pertama mendapatkan penetapan tertulis dari suatu badan, instansi, organisasi atau pejabat negara/pemerintah secara resmi. 

Kedua mendapatkan suatu penetapan konkrit, ketiga aspek legalitas terjamin karena disusun secara tertulis dan di stempel / ditandatangani, keempat adalah memberikan sebuah kepastian hukum. Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah contoh surat keputusan yang baik dan benar.

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

PT JAYA PROPERTI
Jl. Kambang Iwak No 388 Palembang
Telp. (0...)....7412, Fax. (0...)72929

SURAT KEPUTUSAN
No. …/SK/…-HRD/1/..
Perihal: Pengangkatan Karyawan Tetap

Setelah melalui beberapa tahap evaluasi terhadap performa dan kinerja Saudara____, terhitung mulai tanggal 20 September 2020, PT Jaya Properti menetapkan bahwa Saudara telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap, dengan ketentuan sebagai berikut:

Menimbang: Berdasarkan penilaian dan pengamatan obyektif terhadap Saudara____

Mengingat: Berdasarkan Peraturan Perusahaan dan Anggaran Dasar

Memperhatikan: Kebutuhan mengenai Sumber Daya Manusia di PT Jaya Properti

MEMUTUSKAN

Mengangkat Saudara___sebagai karyawan tetap dengan jabatan Sales Marketing

Kepada Saudara diberikan No. register___ golongan___

Mendapat gaji sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Hal lain yang berhubungan dengan kewajiban dan hak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan

Surat keputusan ini berlaku sejak 20 September 2040

Ditetapkan di Palembang, 17 September 20240

PT Jaya Properti



Manager HRD