Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh teks Sambutan Pernikahan dari Pihak Mempelai Laki-Laki

Seseorang yang sudah dewasa baik itu wanita ataupun pria pastinya akan mengalami sebuah momen pernikahan yang sakral. Pernikahan adalah acara yang suci dimana telah bersatunya dua orang insan yakni pasangan laki-laki dan juga perempuan.

Setiap momen pernikahan pastinya akan ada banyak rasa bahagia dan sukacita yang tercipta. Pasalnya, momen pernikahan tentunya adalah hal yang paling dinantikan oleh pasangan kekasih yang sudah lama menjalin hubungan percintaan.

Maka dari itu, ada baiknya sebuah acara pernikahan ini harus melalui persiapan yang matang dan tidak boleh dilakukan serampangan. Kemudian dalam sebuah acara pernikahan ini biasanya ada runtutan acara-acara penting. Salah satunya adalah sambutan pernikahan dari pihak mempelai laki-laki. 
Hal ini memang umum terjadi dimana dalam setiap acara pernikahan terjadi penyerahan calon mempelai pria maupun calon mempelai wanita.

Contoh teks Sambutan Pernikahan dari Pihak Mempelai Laki-Laki

Kemudian, momen penyerahan ini ada yang dilakukan sesudah proses akad nikah dan ada pula yang dilakukan sebelum proses akad nikah berlangsung. Lalu dari pihak perempuan akan menerima calon mempelai laki-laki yang biasanya membawa seserahan.

Nantinya di sini calon mempelai laki-laki akan memberikan sambutan sebelum akad nikah berlangsung. Bagi yang hendak menjadi calon pengantin terutama calon pengantin pria, inilah contoh sambutan pernikahan dari pihak mempelai laki-laki.

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, Minggu, tanggal 27 Desember 2050 kita semua masih diberi nikmat sehat, sehingga dapat bertemu dan berkumpul dalam rangka menjadi saksi dan sekaligus mendoakan acara yang sakral, yang insya Allah sebentar lagi akan dilaksanakan prosesi Akad Nikah / Janji Suci antara dua insan yang telah dipertemukan jodohnya oleh Allah swt.

Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw. , kepada keluarganya, dan para sahabat. Dan kepada kita semua yang hingga saat ini masih istiqomah dalam mengamalkan risalah nya. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafa’atnya di yaumil akhir kelak. Aaamiin…..

Kami, atas nama perwakilan dari Bapak (bapak mempelai pria) Beserta Ibu (ibu mempelai pria) selaku kedua orang tua calon mempelai Pria yang bernama : (nama mempelai pria) Putra Kedua dari tiga bersaudara.

Izinkan kami berdiri dihadapan bapak/ibu dan hadirin, untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyerahan putra kami :

Pertama : kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan penerimaan, serta penghormatan terhadap keluarga kami beserta rombongan pengantar calon mempelai putra yaitu Sdr. (nama mempelai pria), putra dari Bapak (nama bapak mempelai pria) dan Ibu (nama ibu mempelai pria).

Kami datang dari (nama desa/alamat mempelai pria) di pagi yang cerah dengan penuh kebahagiaan, dan kami tiba/sampai kurang lebih pukul 09:15 di desa Ganti Warno RT.08/08 ini tanpa halangan suatu apapun.

Kedua : Menindak lanjuti lamaran kami beberapa bulan sebelumnya, bahwa pada hari ini kami selaku orang tua dari ananda (nama calon mempelai pria), bermaksud untuk menyerahkan sepenuhnya sekiranya agar dapat dinikahkan dengan putri Bapak (nama bapak calon mempelai wanita) yang bernama Saudari (nama calon mempelai wanita) karena hakekat menikah secara syariat adalah sepenuhnya hak daripada wanita.

Ketiga. Kami serahkan bawaan atau seserahan ala kadarnya kepada Bapak (nama bapak calon mempelai wanita) selaku orang tua dari (nama calon mempelai wanita).

Kami mohon jangan dilihat dari jumlah dan nilainya, tetapi ini sebagai tanda pengikat rasa tali kasih kekeluargaan yang sangat erat dan tulus antara keluarga bapak (bapak calon mempelai pria) dan bapak (bapak calon mempelai wanita).

Terakhir : Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas sambutan dan jamuan bapak (bapak calon mempelai wanita) sekeluarga, serta hadirin sekalian. Kami tidak dapat membalas, kami hanya dapat berdoa dan memohon kepada Allah, semoga kebaikan bapak (bapak calon mempelai wanita) beserta keluarga mendapatkan balasan yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin.

Itulah yang dapat kami sampaikan, kami akhiri, Billahi taufik wal hidayah wassalamu-alaikum Wr.Wb.