Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Teks MC Acara 7 Bulanan terbaru Modern

Tujuh bulanan merupakan salah satu tradisi yang berkembang di masyarakat Indonesia. Di dalam budaya Jawa, selamatan tujuh bulanan bagi ibu hamil biasa disebut dengan mitoni.

Lalu kenapa umumnya pada usia 7 bulan? Itu karena, pada usia 7 bulan, perkembangan bayi sangat pesat melebihi saat berumur 4 bulan.

Misalnya, ukuran dan berat badan bayi yang bertambah besar sehingga berdampak pada kondisi Ibu, dan lain sebagainya.
Ilustra foto
Maka dengan pertimbangan ini, munculah ide untuk membuat acara selamatan bagi ibu dan jabang bayi agar selamat sampai pada proses persalinan.

Dengan demikian, tumbuhlah adat untuk melakukan prosesi atau selamatan 7 bulanan.
 
Contoh Teks MC Acara 7 Bulanan terbaru Modern

Berikut ini adalah contoh teks MC acara tujuh bulanan dalam Agama Islam (Tasyakuran Hamil Tujuh Bulanan)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, kita ucapkan beribu rasa terima kasih kepada Allah Tuhan Yang Maha Pemurah atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga hingga detik ini kita semua yang ada di ruangan ini senantiasa mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani, khususnya dalam rangka memenuhi undangan acara Tujuh Bulanan atau Tasyakuran hamil ( tingkepan ) putri Bapak ..............

Shalawat serta salam, tidak lupa kita curahkan kepada Nabiyana wahabibana Muhammad SAW.

Hadirin kami muliakan, izinkan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan acara kita pada hari ini, yaitu sebagai berikut :
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Gema Kalam Illahi ayat suci Al-Qur'an dan Sari Tilawah
  3. Sambutan Shohibul Hajat
  4. Mauidhoh khasanah (ceramah)
  5. Ramah tamah yang diteruskan dengan selamatan (tumpengan)
  6. Do'a.
  7. Penutup
Hadirin sekalian yang berbahagia, marilah kita buka acara hari ini dengan membaca lafadz basmallah.

Baiklah, menuju acara yang kedua yaitu Pembacaan Gema Kalam Illahi ayat suci Al-Qur'an sekaligus sari tilawah oleh saudara/i .................. .Kepada Saudara/i ............ kami persilakan.

----- PEMBACAAN AYAT SUCI AL QUR’AN DAN PEMBACAAN SARI TILAWAH ------

Terimakasih kepada saudara/i ......., semoga bacaan tersebut bermanfaat bagi pembacanya dan yang mendengarkannya. Aamiin.

Acara selanjutnya adalah, sambutan shohibul hajat. Sambutan pertama akan diberikan oleh saudara .............. sebagai suami dan calon Ayah. Kepadanya dipersilakan.

------------- SAMBUTAN SAUDARA (Suami/calon ayah)------------

Terimakasih, saudara...... (Suami/calon ayah) semoga apa yang diharapkan dapat diijabah oleh Allah SWT. Aamiin

Sambutan berikutnya akan diberikan oleh Calon Kakek, kepada Bapak....... dipersilakan.

------------- SAMBUTAN dari Calon Kakek ------------

Terimakasih banyak, kepada bapak .......... atas sambuatannya. Semoga ALLAH mengabulkan segala harapan untuk sang bayi. Aamiin

Baiklah, acara selanjutnya yaitu Mauidhoh khasanah (ceramah) tentang tradisi dan makna 7 bulanan dalam Islam. Kepada Bapak....... dipersilakan.

------ Mauidhoh khasanah ------

Terimakasih untuk Bapak.......... atas nasihat yang diberikannya. Semoga kita semua menjadi paham akan hakikat dari selamatan tujuh bulanan.

Memasuki acara yang terakhir yaitu pembacaan do’a. Kepada para hadirin, mohon kiranya untuk bersama-sama memanjatkan do’a untuk keselamatan ibu juga bayi agar selamat dan sehat sampai hari persalinan. Do’a akan dipimpin oleh Bapak...... . kepada beliau kami persilakan.

--------PEMBACAAN DOA BERSAMA--------

Terimakasih kepada Bapak....

Sebelum acara ini kami tutup, saya selaku pembawa acara pada hari ini, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan di hati maupun tingkah laku saya yang kurang sopan.

Marilah kita tutupa acara ini dengan mengucap lafadz Hamdallah.

Terimakasih kepada para hadirin atas kehadirannya dan juga do’a yang telah dipanjatkan. Semoga Allah senantiasa mengabulkan do’a-do’a baik yang kita lantunkan.

Saya akhiri, Alhamdulillahirobbil ‘Alamiin Billahi Taufik Wa hidayah Wasalamualaikum warahmatulallahi wabarakatuh.